Search This Blog

Monday 30 October 2017

BUDIDAYA UBI JALAR

KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan karuniaNyalah, makalah ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata pelajaran Pendidikan Kewirausahaan, pada semester II ditahun ajaran 2017, dengan judul “Budidaya Tanaman Ubi Jalar”.
            Dengan mengerjakan tugas ini kami diharapkan mampu untuk lebih mengenal Budidaya Tanaman Ubi Jalar agar kami dapat melakukan tugas kami selanjutnya yaitu melakukan budidaya tanaman ubi jalar karena ubi jalar sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup, sehingga ubi jalar dapat terus dikonsumsi.
            Dalam menyelesaikan makalah ini, kami banyak mengalami kesulitan,terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahhuan yang menunjang. Namun, berkat bantuan dan bimbingan dari beberapa pihak dan teknologi, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan dengan cukup baik. Karena itu, sudah sepantasnya kami mengucapkan bnayak terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersedia membantu dalam membuat makalah ini.
            Kami sadar, sebagai seorang pelajar yang masih dalam proses pembelajaran, penulisan makalah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang  bersifat positif, guna penulisan makalah yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
            Harapan kami semoga makalah yang sederhana ini dapat memberikan kesadaran bagi kita semua terutama bagi generasi muda tentang pentingnya membudidayakan tanaman ubi jalar karena ubi jalar sangat bermanfaat bagi tubuh kita semua.


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Akhir-akhir ini banyak sekali penyakit akibat dari pola makan yang salah, yang menjadikan makanan hanya sebagai penghilang rasa lapar dan pemberi kenikmatan sesaat, tanpa mempedulikan kandungan dan kehalalannya. Padahal makanan yang baik dan benar tidak saja membuat kita kuat dan sehat, tapi juga kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit.
Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat, maka tuntutan konsumen terhadap bahan pangan selain mempunyai komposisi gizi yang baik serta penampakan dan citarasa yang menarik, tetapi juga harus memiliki fungsi fisiologis tertentu bagi tubuh.
Salah satu bahan makanan sehat yang cukup tersedia adalah ubi jalar. Ubi jalar adalah salah satu makanan pokok  dengan kadar karbohidrat yang tinggi. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang berbentuk umbi. Selain itu daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai olahan makanan.Ubi jalar juga merupakan salah satu jenis umbi – umbian yang dijadikan makanan pokok selain nasi.
Ubi jalar ini biasanya berwarna ungu dan jika dimasak rasanya manis sekali. Kandungan gizi ubi jalar berupa vitamin C dan E yang baik untuk kecantikan kulit. Ubi jalar juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Antara lain untuk pengobatan penyakit asma, rabun ayam, peradangan, bronchitis, gangguan pencernaan, diabetes,radang lambung ,dan lain sebagainya.
Ubi jalar sering dipandang sebagai makanan kampungan.Namun walaupun makanan kampungan ubi talas dapat diolah dengan sebagai masakan yang lezat dan nikmat seperti  tepung ubi jalar,ceriping ubi jalar,kue ubi jalar,selai ubi jalar.
                Ubi jalar dengan nama latin Ipomea batatas,memiliki banyak nama diIndonesia namanya Ubi jalar, ketela, ketela rambat, telo rambat (Jawa), patatas (Papua), mantang, Boled (Sunda), Inggris : Sweet potato, Melayu : Ubi keledek, Thailand : Phak man thet, Pilipina : Kamote, Jepang : Satsumaimo.
1.2  TUJUAN
Dari latar belakang di atas,penulis membuat karya ilmiah ini dengan tujuan :
Memberitahu sejarah dan cara budidaya ubi jalar.
Memberitahu manfaat dan khasiat ubi talas.
 Memberitahu makanan yang terbuat dari ubi jalar.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 SEJARAH SINGKAT UBI JALAR
     Ubi jalar atau ketela rambat atau “sweet potato” diduga berasal dari Benua Amerika. Para ahli botani dan pertanian memperkirakan daerah asal tanaman ubi jalar adalah Selandia Baru, Polinesia, dan Amerika bagian tengah. Nikolai Ivanovich Vavilov, seorang ahli botani Soviet, memastikan daerah sentrum primer asal tanaman ubi jalar adalah Amerika Tengah.
            Ubi jalar mulai menyebar ke seluruh dunia, terutama negara-negara beriklim tropika pada abad ke-16. Orang-orang Spanyol menyebarkan ubi jalar ke kawasan Asia, terutama Filipina, Jepang, dan Indonesia.
     Tim ilmuwan di Prancis mengaku telah berhasil mengungkap sejarah penyebaran ubi jalar (Ipomoea batatas), yang sampai kini berkembang ke Asia dan Afrika. Ada sejumlah teori mengenai asal-usul ubi jalar ini.
     Ada teori yang menyatakan tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, lalu berkembang di Polinesia dibawa oleh orang-orang yang berkunjung ke Amerika Selatan. Ada juga teori bibit umbi-umbian ini hanyut sampai ke Pasifik. Bahkan ada teori lain, tanaman ini asli dari Papua.
     Namun sebuah laporan ilmiah di Risalah Proceedings of the National Academy of Sciences, memunculkan teori baru berlandaskan peta genetika. Teori ini sudah muncul tahun 1970-an, dilansir arkeolog Douglas Yen, yang menyatakan ubi jalar menyebar dalam beberapa gelombang di Oseania. Belakangan teori ini dikonfirmasi temuan genetika.
     Ubi jalar pertama kali datang antara tahun 1000 sampai 1100 ketika pelaut Polinesia mampir di Amerika Selatan dan membawa pulang ubi jalar yang kemudian menyebar luas; kemudian orang-orang Eropa membawa pula galur ubi jalar yang lain dari Amerika Selatan ke Filipina dan Pasifik Barat dalam dua gelombang terpisah di abad 16. Sejak itu, dua ubi jalar yang berbeda galur berkembang di seluruh Oseania termasuk Indonesia.
     Studi genetika ini dilakukan tim peneliti yang dipimpin Caroline Roullier, ahli botani dari Pusat Kerjasama dan Riset Pengembangan Pertanian Internasional di Montpellier, Prancis, yang meneliti sampel dari ubi jalar masa kini dan spesimen sejarah yang disimpan di herbarium.
            Spesimen herbarium termasuk pula tanaman yang dikoleksi Kapten James Cook yang tahun 1769 berkunjung ke New Zealand dan Kepulauan Society. Roullier dan timnya menargetkan spesimen sejarah karena menggambarkan bagaimana varietas ubi jalar berkembang di Oseania sebelum pertukaran dan pemanenan mempengaruhi tanda genetisnya. Kisah ini berikutnya menggambarkan bagaimana ubi jalar melintas lautan, merekam hubungan kuno Polinesia dan Amerika Selatan.
2.2 BUDIDAYA UBI JALAR
Ubi jalar termasuk tanaman semusim. Tanaman ini cocok ditanam didaerah dengan ketinggian 500 s/d 1.000 dpl dan suhu 21 s/d 27 derajat Celcius serta mendapat sinar matahari 10 jam per-hari. Kelembapan udara ( RH ) 50% - 60% dengan curah hujan 750 mm- 1.500 mm pertahun. Ubi jalar ideal ditanam ditanah pasir berlempung, gembur, banyak mengandung bahan organik dengan PH 5,5 - 7.

Tanaman ubi jalar sudah membentuk ubi saat berumur 3 minggu sejak tanam. Varitas dikatakan unggul apabila berdaya hasil minimal 30 ton / hektar dan berumur pendek 3 s/d 4 bulan. Ubi jalar dapat diperbanyak secara vegetatif dengan menggunakan setek batang atau pucuk daun. Bahan setek daun yang digunakan harus memenuhi persyaratan bahan tanaman minimal berumur 2 bulan atau lebih, pertumbuhan tanaman yang akan diambil seteknya haus dalam keadaan sehat normal dan tidak terlalu subur, mengalami masa penyimpanan ditempat yang teduh selama 1- 7 hari.
Ubi jalar yang akan ditanam perlu disiapkan lahan yang memadai. Penyiapan lahan dilakukan pada saat tanah tidak terlalu basah atau terlalu kering agar strukturnya tidak rusak, lengket atau keras. Penyiapan lahan dilakukan dengan cara pengolahan tanah hingga gembur sekaligus dibuat guludan-guludan yang kemudian dibiarkan selama 1minggu. Guludan bisa diberikan mulsa.
Ubi jalar yang ditanam dilahan kering, waktu penanman yang paling baik adalah saat awal musim hujan atau awal kemarau apabila cuaca dalam keadaan normal. Bila ditanam dilahan persawahan waktu tanam yang tepat adalah pada saat awal musim kemarau. Sistem penanaman ubi jalar dapat dilakukan secara monokulture atau tumpangsari. Ubi jalar walaupun tahan kering tetapi pada fase awal pertumbuhan memerlukan air yang memadai.      Penyulaman dilakukan setelah tanaman berumur 3 minggu dan pemupukan dilakukan pada saat penanaman dan setelah tanaman berumur 45 hari. Penyiangan dan pembubunan dilaksanakan ketika tanaman mencapai umur 1 bulan setelah tanam yang diulang saat tanaman berumur 2 bulan.
Ubi jalar yang dipanen pada waktu yang tepat akan menghasilkan ubi yang berkualitas dan hasil produksi tinggi .Panen yang terlalu lambat ataupun terlalu cepat akan berakibat buruk terhadap mutu yang dihasilkan. Pemanenan yang terlambat disamping menurunkan kadar gula juga menyebabkan resiko terkena serangan hama boleng.
Ubi jalar masa panennya dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti iklim, tingkat kesuburan tanah, varitas dan lokasi penanaman. Apabila ditanam didataran tinggi maka masa panen akan lebih lama antara 5 s/d 6 bulan sementara apabila ditanam didataran rendah bisa dipanen saat berumur 3 s/d 4 bulan. Ubi jalar hasil panen sangat bervariasi tergantung lokasi penanaman. Penanaman didataran rendah bisa dipanen ubi jalar sebanyak 15 – 20 ton / hektar. Untuk dataran sedang bisa dipanen ubi sebanyak 20 – 25 ton / hektar dan didataran tinggi bisa dipanen 25 – 30 ton / hektar.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4f6a0FV39aaz1QO92MmWlSSnXe4OmWWtfRyysX9sf05qidk8Nc3-ViRpGOYoHJzROF_cDm9oO0voFjLQj1o_WuR-FNJ-X1oVQmYLKbHdA-rv6LP9eAghhqFiq30Cxo2DJWYC9zgchrJQ/s320/Ubi+Jalar111.jpgUbi jalar dapat disimpan hingga 5 s/d 6 bulan bahkan lebih tergantung dari cara penyimpanan. Ubi jalar yang telah disimpan rasanya lebih manis dibandingkan dengan ubi jalar yang baru saja dipanen. Cara yang paling praktis agar tahan lama disimpan adalah dibenamkan kedalam pasir.

2.3 MANFAAT DAN KHASIAT UBI JALAR
Ubi jalar adalah salah satu makanan pokok  dengan kadar karbohidrat yang tinggi. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang berbentuk umbi. Selain itu daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai olahan makanan. 
UBI JALAR MEILIKI KLASIFIKASI SEBAGAI BERIKUT :
Kerajaan          : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Solanales
Famili              : Convolvulaceae
Genus              : Ipomea
Spesies             : ipomea batatas
Komponen Gizi  Ubi Jalar :
Kandungan Gizi
Ubi Putih
Ubi Merah
Ubi Kuning
Daun
Kalori (kal)
123
123
136
47
Protein (g)
1,8
1,8
1,1
2,8
Lemak (g)
0,7
0,7
0,4
0,4
Karbohidrat (g)
27,9
27,9
32,3
10,4
Air (g)
,5
68,5
-
84,7
Serat Kasar
0,9
1,2
1,4
-
Kadar Gula
0,4
0,4
0,3
-
Beta karoten
31,2
174,2


Ubi Jalar Kuning
Kandungan Ubi jalar kuning ini berupa karbohidrat dan vitamin A. Menurut penelitian tanaman ubi jalar kuning ini dapat menyembuhkan penyakit mata pada anak balita. Vitamin A dalam ubi jalar kuning sangat berperan dalam proses pertumbuhan, reproduksi, penglihatan, serta pemeliharaan sel-sel epitel pada mata.








Ubi Jalar Ungu
Selain sumber karbohidrat dan kalori, ubi jalar ungu juga mengandung protein dan lemak. Terdapat kandungan pigmen warna ungu atau antosianin yang bervariasi pada setiap tanaman ubi jalar.
Beberapa manfaat ubi jalar ungu bagi kesehatan :
Ubi ungu berfungsi untuk menghambat penggumpalan darah sehingga aliran darah menuju ke jantung dapat berjalan lancar. Antosianin pada ubi ungu bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menyerap polusi udara 
Ubi ungu memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi dari pada beberapa varietas "blueberry".
Ubi ungu kaya akan serat. Serat dan pektin dalam ubi ungu sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit hingga kanker kolon. Serat dalam ubi ungu juga akan membantu menahan air, sehingga keseimbangan cairan dalam tubuh dapat dipertahankanvitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor dalam ubi jalar berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.
Antosianin ubi ungu juga memiliki fungsi fisiologis misal antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke.
Ubi ungu sebagai obat anti peradangan. Vitamin A, B, C, kalsium, dan potasiumnya membantu meringankan radang perut, dan masalah sejenis karena manfaat antiperadangannya
Kandungan aktif zat selenium dan iodin dua puluh lebih tinggi dari pada ubi lainnya, sehingga ubi jalar ungu dapat menjadi anti kanker.

Selain itu banyak sekali manfaat ubi jalar bagi kesehatan diantaranya adalah untuk menghambat pertumbuhan kanker payudara. Di dalam ubi terkandung asam retionat, turunan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan berfungsi sebagai antikanker.
Berikut adalah beberapa manfaat ubi jalar :
Ø  Melindungi kulit
Ubi jalar mengandung beta karoten yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari memperbaiki kerusakan sel akibat paparan sinar UV berlebihan.
Ø  Peradangan
Ubi jalar juga mengandung anti peradangan . Dengan Vitamin C dan magnesium ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan .
Ø  Keseimbangan cairan
Kalium memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah dengan cara membersihkan tubuh kelebihan natrium dan mengatur keseimbangan cairan.
Ø  Diabetes
Ubi jalar sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin.Untuk pengidap diabetes dapat mengganti asupan nasi atau karbohidrat dengan ubi jalar . Tetapi harus dengan aturan tertentu.
  Ø  Bronchitis
Vitamin C dan zat besi yang terdapat pada ubi jalar membantu menyembuhkan bronchitis.
Ø  Lambung
Vitamin B kompleks, vitamin C, betakaroten, kalium, dan kalsium membuat nyaman lambung dan usus halus. Kandungan vitamin ini dapat mengurangi resiko terjadinya radang lambung .Selain itu ubi jalar juga dapat meredakan nyeri dan rasa sakit pada lambung.
Ø  Mengandung mineral penting
Beberapa mineral penting yang terdapat pada ubi jalar diantaranya adalah magnesium dan zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan energi seseorang, selain itu zat besi juga sangat berhubungan erat dengan produksi sel darah merah dan sel darah putih.Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang dan mengurangi resiko serangan stress, masih banyak manfaat zat besi bagi tubuh dan kesehatan kita.Sedangkan fungsi magnesium diantaranya untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, menjaga saraf, otot, jantung, darah dan arteri agar selalu tetap sehat.


Ø  Sumber vitamin B6
Vitamin B6 dibutuhkan tubuh guna mengubah bahan kimia yang dikenal dengan nama homocysteine menjadi molekul yang lebih sederhana. Hal ini sangat berkaitan erat dengan kepikunan danserangan jantung pada seseorang.
 Ø  Mengandung vitamin C
Vitamin C sangat kita butuhkan agar tulang dan gigi tetap kuat selama mungkin. Selain dapat menjaga tulang dan gigi tetap kuat, vitamin C yang terdapat pada ubi jalar mampu menahan berbagai macam penyakit seperti flu, racun dalam tubuh serta mempercepat penyembuhan.
Selain beberapa fungsi di atas, vitamin C juga dapat membantu tubuh dalam memproduksi kolagen yang sehat. Kolagen merupakan hal yang sangat bertanggung jawab terhadap kekencangan kulit. Jika anda ingin menghilangkan keriput pada kulit maka tubuh harus memproduksi jumlah kolagen secara tepat.
Ø  Sumber vitamin D
Vitamin D yang ada pada ubi jalar berguna untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat secara keseluruhan dan secara khusus membantu organ jantung, saraf, kulit, gigi dan tulang tetap dalam keadaan normal.
Vitamin ini juga penting bagi seorang wanita yang ingin cepat hamil karena dapat membantu kelenjar tiroid bekerja secara normal. Kelenjar tiroid sangat berpengaruh pada kehamilan seorang wanita.
Ø  Mengandung potasium
Potasium berguna untuk mengatur jantung agar tetap sehat dan bekerja secara normal dan berdetak dengan ritme yang wajar. Selain itu, potasium juga sangat bermanfaat untuk organ ginjal.
Ø  Manis alami 
Rasa manis yang terdapat pada ubi jalar merupakan pemanis alami yang tidak mengakibatkan naiknya kadar glukosa atau gula darah pada seseorang. 
Ø  Menjaga kesehatan mata
Kandungan karotenoid seperti beta karoten berguna untuk menjaga kesehatan matakita, sistem kekebalan tubuh kita terhadap berbagai serangan penyakit juga semakin menguat.
Ø  Melawan kanker
Ubi jalar mengandung antioksidan yang ampuh mencegah bahaya radikal bebas dan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dan tumor. Banyak sekali manfaat ubi jalar yang akan kita dapatkan jika mengkonsumsinya secara teratur.
Untuk mendapatkan semua manfaat ubi jalar tersebut, silahkan masukkan ubi jalar ke dalam masakan anda atau dijadikan sebagai cemilan sehat.
Karena manfaat yang terkandung didalamnya jauh melebihi nilai gizi biasa ditemukan di kentang berdaging putih dan kuning, sehingga sangat baik untuk manajemen berat badan (diet).
Berikut 5 Manfaat Ubi Jalar Luar Biasa Bagi Kesehatan anda:
Ubi jalar mengandung serat hampir dua kali lipat jenis-jenis kentang. Berkontribusi dekat dengan 7 gram serat per porsi, mereka membuat tambahan zat tepung yang sangat baik untuk makan apapun. Isi serat tinggi memberi mereka "pembakaran lambat" kualitas. Ini pada dasarnya berarti energi kalori mereka digunakan lebih lambat dan efisien daripada karbohidrat yang rendah serat.
Mereka mengandung sejumlah besar vitamin B6. Vitamin ini sangat penting dalam mengurai zat yang disebut homosistein, yang memberikan kontribusi untuk pengerasan arteri dan pembuluh darah. Vitamin B6 membantu menjaga dinding dari lorong-lorong darah penting fleksibel dan sehat yang memungkinkan darah mengalir bebas. Selain itu, ubi jalar mengandung jumlah tinggi kalium. Kalium memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah dengan cara membersihkan tubuh kelebihan natrium dan mengatur keseimbangan cairan. Ini juga merupakan elektrolit penting yang membantu mengatur ritme alami jantung, dan memelihara fungsi normal otak dan sistem saraf pusat.
Beta-karoten atau vitamin A merupakan antioksidan penting. Satu ubi jalar media menyediakan tubuh Anda dengan tunjangan harian yang direkomendasikan lengkapvitamin A dan beberapa kemudian. Vitamin A sangat berguna dalam pencegahan beberapa jenis kanker karena merupakan salah satu antioksidan yang paling kuat di luar sana. Beta-karoten juga membantu untuk internal melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari oleh kedua membelokkan dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan sinar UV berlebihan. Ini juga merupakan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata dan telah dikaitkan dengan pencegahan kehilangan penglihatan dan degenerasi makula.
Mangan adalah sedikit-dibahas jejak mineral yang memiliki beberapa manfaat kesehatan yang besar. Ini adalah komponen penting dalam metabolisme karbohidrat yang membantu level support gula darah yang sehat. Hal ini dapat membantu menstabilkan nafsu makan selama berjam-jam yang bertentangan dengan kepuasan sementara yang datang dengan karbohidrat yang lain. Ini juga merupakan kofaktor enzim yang memainkan peran penting dalam generasi energi serta efisiensi pemanfaatan antioksidan. Hal ini digunakan untuk pengobatan anemia dan berguna sebagai pengobatan untuk gejala pramenstruasi beberapa wanita juga.
Seolah-olah menjadi salah satu sumber nabati atas beta-karoten tidak cukup, ubi jalar juga kaya akan vitamin C dan E. Ini adalah vitamin antioksidan kuat yang memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit dan umur panjang. Kedua vitamin juga memainkan peran besar dalam kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut, membuat mereka suplemen populer. Kombinasi beta-karoten, vitamin E dan vitamin C dalam satu makanan membuat satu heck kentang manis "makanan keindahan". Nutrisi ini semua berkontribusi untuk suatu kulit, sehat bercahaya dan rambut bersemangat.
2.4 MACAM-MACAM MAKANAN YANG TERBUAT DARI UBI JALAR
Ubi jalar juga merupakan komoditi pangan penting di Indonesia yang dapat diolah menjadi aneka makanan. Karbohidrat merupakan kandungan utama dari ubi jalar. Kandungan ubi jalar antara lain berupa vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa). Bentuk ubi jalar biasanya bulat sampai lonjong dengan permukaan rata sampai tidak rata. Kulit ubi berwarna putih, kuning, ungu atau ungu kemerah-merahan, tergantung jenis (varietas)nya.
Cara memanfaatkan ubi jalar untuk dijadikan makanan ini pun beragam. Berikut beberapa olahan ubi jalar :
·         Tepung Ubi jalar
Tepung ubi jalar, diperoleh dari pati ubi jalar yang telah diparut. Pati ini kemudian dikeringkan, dan didapatlah tepung yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam makanan.
Bahan untuk membuatnya hanya ubi jalar dan air.
Cara membuat tepung ubi jalar : Ubi jalar yang dikupas kemudian dicuci hingga bersih .Parut halus, hingga membantuk seperti bubur.  Tambahkan air dengan perbandingan ubi jalar : air adalah 1:2. Setelah itu, bubur disaring dengan menggunakan kain. Bubur ubi jalar diperas hingga sari patinya keluar, dan hanya tertinggal seratnya. Biarkan saripati itu mengendap. Kira-kira tunggu sampai 12 jam. Cairan di atas endapana dibuang, kemudian endapan yang berupa pasta dijemur, bisa menggunakan tampah saat menjemurnya. Tepung ubi jalar yang bertekstur agak kasar. Apabila kita ingin lebih halus, bisa dihaluskan menggunakan mesin selep.




BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Ubi jalar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ubi jalar juga dapat dijadikan sebagai cemilan yang nikmat yang dapat diolah dengan cara direbus atau digoreng.
Ubi jalar sangat baik sebagai pengganti bahan pangan nasi karena memilikikandungan gizi yang cukup tinggi yaitu 562 g kalium, 107 mg kalsium, 2,8 protein, kalori 53,00 kal, 5,565 SI vitamin A dan 32 mg vitamin C dalam tiap 100 gram. Seusai dimasak kandungan gizi berkurang yaitu menjadi 2,6 mg kalsium, 94 mg kalium, 3.345 SI vitamin A dan 5 mg vitamin C dalam tiap 100 gram.

3.2 SARAN
Semoga dengan karya ilmiah ini dapat membeikan informasi yang bermanfaat untuk masyarakat akan manfaat dari ubi jalar. Ubi jalar memiliki banyak manfaat seperti untuk kesehatan dan dapat juga dijadikan sebagai  cemilan yang nikmat dengan cara direbus ,digoreng atau diolah dengan cara lainnya.
Ubi jalar ini dapat dikonsumsi setiap hari karena memiliki banyak khasiat dan dapat digunakan untuk mengganti bahan pangan nasi .


DAFTAR PUSTAKA

Linda Carolina Brotodjojo,2010, Resep Olahan Ubi Jalar,Jakarta: Gramedia pustaka utama
http://www.gaptekupdate.com/2013/01/ternyata-ubi-jalar-punya-asal-usul/
http://budidayafurniture.blogspot.com/2007/09/ubi-jalar.html
http://tanahsakti.blogspot.com/2011/06/budidaya-ubi-jalar.html
http://ayobertani.wordpress.com/2009/04/16/budidaya-ubi-jalar/


No comments:

Post a Comment