BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Mungkin anda sudah sering mendengar kata iklan, slogan dan
poster bahkan mungkin sudah bosan sekali berhubungan dengan yang namanya iklan.
Tapi itulah kenyataan yang harus kita hadapi dalam perkembangan dunia bisnis
dan sistem pemasaran produk barang atau jasa, karena tanpa bantuan iklan akan
kesulitan sekali dalam melakukan proses manajemen pemasaran demi kelangsungan
pemenuhan kebutuhan dan kepuasan masyarakat. Pengertian iklan sebenarnya bukan
hal yang sulit di pahami dan kita semua bisa mendefinisikan iklan sesuai
keadaan iklan yag kita jumpai berdasarkan pengertian yang kita anggap itu
cocok.
Iklan adalah hal yang wajar untuk kita ketahui, karena
seiring berkembangnya jaman semakin maju kita banyak sekali melihat berbagai
macam ragam bentuk dan model iklan, sehingga jangan sampai kita hanya melihat
saja tanpa mengetahui pengertian dari iklan itu sendiri. Pengertian
iklan juga perlu kita pahami agar kita bisa lebih professional dalam
setiap kita melakukan pasang iklan. Dengan mengetahui pengertian iklan maka
kita akan bisa menempatkan iklan pada tempatnya.
Lingkungan sekitar masyarakat juga dipenuhi beragam slogan
dan poster yang terkadang tidak disadari pengertian dasarnya. Beberapa orang
mungkin kurang begitu mengerti perbedaan slogan dan poster, keduanya saling
bertolak belakang meski memiliki tujuan yang hampir sama.
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Iklan
Iklan secara bahasa adalah
pariwara atau promosi atau pengenalan produk,informasi barang atau jasa.
Iklan adalah kegiatan
memberitahukan atau menginformasikan suatu hal, barang, atau jasa melalui media
massa baik online maupun ofline. Media yang digunakan, antara lain televisi,
radio, koran, majalah, internet,hp,poster, pamflet, brosur, spanduk dan
sebagainya. Pengertian iklan juga sering di katakan sebagai sarana untuk
menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai.
Pengertian Slogan
Slogan menurut
beberapa referensi adalah sebuah kata-kata atau kalimat yang menarik, mencolok,
dan mudah diingat dalam menyampaikan sesuatu. Umumnya kita melihat sebuah
slogan dalam bentuk iklan, dimana penjual atau produsen membuat slogan untuk
menjelaskan dan mempromosikan produk dan jasanya kepada masyarakat luas. Saat
ini penggunaan slogan sudah meluas kepada hal-hal lain seperti kampanye anti
korupsi, kampanye anti narkoba, dan lain-lain.
Pengertian
slogan menurut situs ensiklopedia online terbesar Wikipedia adalah sebuah
frase, kata-kata, kalimat atau motto yang digunakan individu maupun kelompok
dalam berbagai macam konteks seperti politik, komersial, agama, pendidikan,
lingkungan dan lain sebagainya sebagai ekspresi sebuah ide dan tujuan yang
mudah diingat. Perlu diketahui bersama bahwa kata "slogan" berasal
dari kata "sluagh-ghairm"(bahasa Gaelik) yang artinya
teriakan bertempur.
Pengertian Poster
Poster
merupakan salah satu media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun
kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak
ramai. Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis
seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya.
Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat.
Situs
ensiklopedia online terbesar Wikipedia juga memberikan pengertian poster
sebagai sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara huruf dan
angka diatas kertas yang ukurannya relatif besar. Poster ini umumnya ditempel
didinding atau permukaan yang relatif datar ditempat-tempat umum yang ramai
agar informasi dan pesan yang ada didalam poster tersebut bisa tersampaikan
kepada masyarakat.
CIRI - CIRI
Poster :
-
Singkat
-
Jelas
-
Efektif
-
Mudah dimengerti
-
Menarik perhatian pembaca.
Slogan
-
singkat
-
penuh makna.
Iklan :
-
Informatif
-
Komunikatif
-
Bahasa singkat dan padat
-
Menarik
SYARAT
SYARAT IKLAN, SLOGAN DAN POSTER
Poster
Posteryaitu reklame yang dipasang di
tempat umum yang berisi pengumuman, penawaran, ajakan melakukan sesuatu yang
bermanfaat. Isi poster bisa berupa pendidikan, penerangan, agama, pembangunan,
kesehatan, atau juga perdagangan.
Contoh:
·Kita sukseskan pilkada 2012!
·Hindari narkoba yang bisa merusak
jiwa Anda!
Iklan
Iklan yaitu pemberitauan kepada
khalayak ramai mengenai barang atau jasa yang ditawarakan agar khalayak ramai
mau memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan
tersebut.Macam-macam iklan·Iklan pengumuman/pemberitahuan·Iklan keluarga·Iklan
niaga/ jasa·Iklan layanan masyarakatSyarat-syarat iklan yang baik·Isinya
objektif dan jujur·Tidak menyinggung perasaan/produk lain·Bahasa singkat,
jelas(mudah dimengerti)dan menarik·Berkonotasi positif dan dapat mempengaruhi
khalayak ramai
Contoh:·Terbang bersama merpati,
bagai di rumah sendiri·Phanter rajanya diesel
Slogan
Sloganmerupakan perkataan atau
kalimat pendek yang disajikan secara menarik dan mudah diingat untuk
memberitahukan sesuatu.Isi slogan juga mencerminkan tujuan ataumisi yang
diemban oleh si pembuat slogan. Di rumah sakit, misalnya, kamu bisa menjumpai
kalimat “Mencegah LebihBaik Daripada Mengobati”. Di jalan-jalan kamu mungkin
juga pernah membaca tulisan “Biar Lambat, Asal Selamat”.Banyak sekali poster
atau iklan jasa maupun barang yang menggunakan
Manfaat
Iklan, Slogan, Poster
Iklan
Iklan adalah
menginformasikan kepada Konsumen mengenai suatu produk, harga, keunggulan, dan
segala informasi yang berhubungan dengannya. Selain itu untuk
menginformasikan suatu produk kepada para konsumen, promosi juga diperlukan
untuk keperluan dan tujuan lain yaitu :
1. Untuk meningkatkan penjualan
2. Untuk mengumumkan program penjualan
khusus seperti diskon istimewa, bonus tambahan atau undian berhadiah
3. Meluncurkan tipe baru dari sebuah
produk yang sebelumnya sudah ada dengan berbagai perbaikan dan pengembangan.
4. Sebagai pengingat agar konsumen
tetap tahu bahwa produk kita masih bertahan dengan kualitas yang bagus.
5. Menggapai konsumen-konsumen baru
6. Meningkatkan “Brand Image” atau
membuat konsumen lebih percaya pada produk kita.
7. Mengundang
keingintahuan konsumen akan produk yang kita jual.
Slogan
Slogan sama
seperti poster hanya saja slogan tidak mnggunakan gambar, manfaat slogan bisa
mencakup bidang politik,ekonomi,kebersihan,agama, jadi manfaat slogan adalah
sebagai informasi, berita, ataupun perintah untuk mengajak kesuatu kebaikan.
Poster
Manfaat poster adalah
sebagai berikut:
(1)
sebagai
penggerak perhatian;
(2)
sebagai
petunjuk;
(3)
sebagai
peringatan, pengalaman kreatif;
(4) untuk kampanye.
Fungsi atau Tujuan
Tujuan iklan, slogan
ataupun poster sama saja yaitu untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu, entah
membeli atau menurutinya. Iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan produk.
Iklan juga turut berpengaruh dalam membentuk gaya hidup, kebiasaan, selera, dan
jati diri seseorang dan masyarakat. Berikut tujuan atau fungsi iklan lainnya.
1.
Fungsi informasional, iklan memberitahukan kepada konsumen
tentang karakteristik suatu produk juga berbagai manfaat yang mereka peroleh.
2.
Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah
sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, polapola belanja, gaya
hidup, teknik-teknik mencapai sukses.
Unsur-unsur iklan, slogan ataupun poster:
-
Iklan : gambar kata-kata, gerak, suara
-
Slogan : kata-kata dan suara
-
Poster : gambar dan kata-kata
Unsur-unsur pembentuk iklan, slogan ataupun poster:
Adapun maksud iklan itu sendiri dapat kamu
pahami secara lebih lengkap berdasarkan unsur-unsur pembentuknya, yang meliputi
sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks.
a.
Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan
penyandang dana dari pemasangan suatu iklan..
b.
Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa
berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.
c.
Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak,
elektronik, dan sarana-saran lainnya.
d.
Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang
menjadi sasaran atau objek iklan.
e.
Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik
itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
f.
Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang
dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan
dan menolak pemakaian narkoba.
Maksud Suatu Iklan
Pola penyajian dan isi
iklan sangatlah beragam. Berdasarkan isinya, ada iklan pemberitahuan, iklan
layanan masyarakat, dan iklan penawaran. Klasifikasi periklanan lainnya sebagai
berikut.
a.
Iklan strategis, digunakan untuk membangun merek ataupun
citra positif suatu perusahaan.
b.
Iklan taktis, dirancang untuk mendorong konsumen agar segera
melakukan respons dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan
penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respons pada
hari yang sama.
Perbedaan Iklan, Slogan, Poster
Berdasarkan contoh-contoh
sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Berikut perbedaan
antara iklan, slogan, dan poster.
a.
Iklan merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar
dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.
b.
Slogan merupakan teks persuatif yang mengutamakan unsur
kata-kata.
c.
Poster merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan
gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Pada intinya, perbedaan iklan, slogan dan poster tampak dari
ciri-ciri utama dan pengertian awal. Slogan lebih mengandalkan bentuk kata
atraktif, singkat dan jelas dalam penyampaian informasi yang tidak disertai
gambar ataupun desain. Poster mengandalkan gambar atau desain yang dibumbui
warna dan kalimat berupa slogan. Tak heran bila poster dianggap lebih efektif
dalam penyampaian pesan. Sedangkan Iklan adalah pemberitahuan kepada masyarakat
tentang barang atau jasa yang dijual.
DAFTAR
PUSTAKA
Apriadi. 2009. “Pengertian, Jenis dan Fungsi Iklan”
(Online). http://triantoroblogs.blogspot.com/2009/10/pengertian-fungsi-iklan.html (Diunduh
pada tanggal 7 Oktober 2012).
Edward. 2011. “Definisi Periklanan Menurut Beberapa Ahli ”
(Online). http://oaththinking.blogspot.com/2011/04.html. (Diunduh pada tanggal 7
Oktober 2012).
Kumpulanistilahcom. 2010. “Syarat – Syarat Iklan”
(Online). http://id.shvoong.com. (Diunduh pada
tanggal 7 Oktober 2012).
Melati, Dwinda Aulia. 2010. “Teori Iklan” (Online). http://www.blogtopsites.com.html(Diunduh pada
tanggal 7 Oktober 2012).
No comments:
Post a Comment