Search This Blog

Sunday 11 November 2018

MAKALAH IKLAN, SLOGAN DAN POSTER


BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Mungkin anda sudah sering mendengar kata iklan, slogan dan poster bahkan mungkin sudah bosan sekali berhubungan dengan yang namanya iklan. Tapi itulah kenyataan yang harus kita hadapi dalam perkembangan dunia bisnis dan sistem pemasaran produk barang atau jasa, karena tanpa bantuan iklan akan kesulitan sekali dalam melakukan proses manajemen pemasaran demi kelangsungan pemenuhan kebutuhan dan kepuasan masyarakat. Pengertian iklan sebenarnya bukan hal yang sulit di pahami dan kita semua bisa mendefinisikan iklan sesuai keadaan iklan yag kita jumpai berdasarkan pengertian yang kita anggap itu cocok.
Iklan adalah hal yang wajar untuk kita ketahui, karena seiring berkembangnya jaman semakin maju kita banyak sekali melihat berbagai macam ragam bentuk dan model iklan, sehingga jangan sampai kita hanya melihat saja tanpa mengetahui pengertian dari iklan itu sendiri. Pengertian iklan juga perlu kita pahami agar kita bisa lebih professional dalam setiap kita melakukan pasang iklan. Dengan mengetahui pengertian iklan maka kita akan bisa menempatkan iklan pada tempatnya.
Lingkungan sekitar masyarakat juga dipenuhi beragam slogan dan poster yang terkadang tidak disadari pengertian dasarnya. Beberapa orang mungkin kurang begitu mengerti perbedaan slogan dan poster, keduanya saling bertolak belakang meski memiliki tujuan yang hampir sama.



BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Iklan
Iklan secara bahasa adalah pariwara atau promosi atau pengenalan produk,informasi barang atau jasa.
Iklan adalah  kegiatan memberitahukan atau menginformasikan suatu hal, barang, atau jasa melalui media massa baik online maupun ofline. Media yang digunakan, antara lain televisi, radio, koran, majalah, internet,hp,poster, pamflet, brosur, spanduk dan sebagainya. Pengertian iklan juga sering di katakan sebagai sarana untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai.

Pengertian Slogan
Slogan menurut beberapa referensi adalah sebuah kata-kata atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat dalam menyampaikan sesuatu. Umumnya kita melihat sebuah slogan dalam bentuk iklan, dimana penjual atau produsen membuat slogan untuk menjelaskan dan mempromosikan produk dan jasanya kepada masyarakat luas. Saat ini penggunaan slogan sudah meluas kepada hal-hal lain seperti kampanye anti korupsi, kampanye anti narkoba, dan lain-lain.
Pengertian slogan menurut situs ensiklopedia online terbesar Wikipedia adalah sebuah frase, kata-kata, kalimat atau motto yang digunakan individu maupun kelompok dalam berbagai macam konteks seperti politik, komersial, agama, pendidikan, lingkungan dan lain sebagainya sebagai ekspresi sebuah ide dan tujuan yang mudah diingat. Perlu diketahui bersama bahwa kata "slogan" berasal dari kata "sluagh-ghairm"(bahasa Gaelik) yang artinya teriakan bertempur.

Pengertian Poster
Poster merupakan salah satu media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai. Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat.
Situs ensiklopedia online terbesar Wikipedia juga memberikan pengertian poster sebagai sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara huruf dan angka diatas kertas yang ukurannya relatif besar. Poster ini umumnya ditempel didinding atau permukaan yang relatif datar ditempat-tempat umum yang ramai agar informasi dan pesan yang ada didalam poster tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat.

CIRI - CIRI
Poster :
-          Singkat
-          Jelas
-          Efektif
-          Mudah dimengerti
-          Menarik perhatian pembaca.

Slogan
-          singkat
-          penuh makna.

Iklan :
-          Informatif
-          Komunikatif
-          Bahasa singkat dan padat
-          Menarik

SYARAT SYARAT IKLAN, SLOGAN DAN POSTER
Poster
Posteryaitu reklame yang dipasang di tempat umum yang berisi pengumuman, penawaran, ajakan melakukan sesuatu yang bermanfaat. Isi poster bisa berupa pendidikan, penerangan, agama, pembangunan, kesehatan, atau juga perdagangan.
Contoh:
·Kita sukseskan pilkada 2012!
·Hindari narkoba yang bisa merusak jiwa Anda!

Iklan
Iklan yaitu pemberitauan kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa yang ditawarakan agar khalayak ramai mau memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan tersebut.Macam-macam iklan·Iklan pengumuman/pemberitahuan·Iklan keluarga·Iklan niaga/ jasa·Iklan layanan masyarakatSyarat-syarat iklan yang baik·Isinya objektif dan jujur·Tidak menyinggung perasaan/produk lain·Bahasa singkat, jelas(mudah dimengerti)dan menarik·Berkonotasi positif dan dapat mempengaruhi khalayak ramai
Contoh:·Terbang bersama merpati, bagai di rumah sendiri·Phanter rajanya diesel

Slogan
Sloganmerupakan perkataan atau kalimat pendek yang disajikan secara menarik dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu.Isi slogan juga mencerminkan tujuan ataumisi yang diemban oleh si pembuat slogan. Di rumah sakit, misalnya, kamu bisa menjumpai kalimat “Mencegah LebihBaik Daripada Mengobati”. Di jalan-jalan kamu mungkin juga pernah membaca tulisan “Biar Lambat, Asal Selamat”.Banyak sekali poster atau iklan jasa maupun barang yang menggunakan

Manfaat Iklan, Slogan, Poster
Iklan
Iklan adalah menginformasikan kepada Konsumen mengenai suatu produk, harga, keunggulan, dan segala informasi yang berhubungan dengannya. Selain itu untuk menginformasikan suatu produk kepada para konsumen, promosi juga diperlukan untuk keperluan dan tujuan lain yaitu :
1.      Untuk meningkatkan penjualan
2.      Untuk mengumumkan program penjualan khusus seperti diskon istimewa, bonus tambahan atau undian berhadiah
3.      Meluncurkan tipe baru dari sebuah produk yang sebelumnya sudah ada dengan berbagai perbaikan dan pengembangan.
4.      Sebagai pengingat agar konsumen tetap tahu bahwa produk kita masih bertahan dengan kualitas yang bagus.
5.      Menggapai konsumen-konsumen baru
6.      Meningkatkan “Brand Image” atau membuat konsumen lebih percaya pada produk kita.
7.      Mengundang keingintahuan konsumen akan produk yang kita jual.

Slogan
Slogan sama seperti poster hanya saja slogan tidak mnggunakan gambar, manfaat slogan bisa mencakup bidang politik,ekonomi,kebersihan,agama, jadi manfaat slogan adalah sebagai informasi, berita, ataupun perintah untuk mengajak kesuatu kebaikan.

Poster
Manfaat poster adalah sebagai berikut:
(1)     sebagai penggerak perhatian;
(2)     sebagai petunjuk;
(3)     sebagai peringatan, pengalaman kreatif;
(4)     untuk kampanye.

Fungsi atau Tujuan
Tujuan iklan, slogan ataupun poster sama saja yaitu untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu, entah membeli atau menurutinya. Iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan produk. Iklan juga turut berpengaruh dalam membentuk gaya hidup, kebiasaan, selera, dan jati diri seseorang dan masyarakat. Berikut tujuan atau fungsi iklan lainnya.
1.      Fungsi informasional, iklan memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk juga berbagai manfaat yang mereka peroleh.
2.      Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, polapola belanja, gaya hidup, teknik-teknik mencapai sukses.
Unsur-unsur iklan, slogan ataupun poster:
-          Iklan : gambar kata-kata, gerak, suara
-          Slogan : kata-kata dan suara
-          Poster : gambar dan kata-kata
Unsur-unsur pembentuk iklan, slogan ataupun poster:
 Adapun maksud iklan itu sendiri dapat kamu pahami secara lebih lengkap berdasarkan unsur-unsur pembentuknya, yang meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks.
a.       Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan..
b.      Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.
c.       Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.
d.      Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.
e.       Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
f.       Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba.
Maksud Suatu Iklan
Pola penyajian dan isi iklan sangatlah beragam. Berdasarkan isinya, ada iklan pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, dan iklan penawaran. Klasifikasi periklanan lainnya sebagai berikut.
a.       Iklan strategis, digunakan untuk membangun merek ataupun citra positif suatu perusahaan.
b.      Iklan taktis, dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan respons dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respons pada hari yang sama.
Perbedaan Iklan, Slogan, Poster
Berdasarkan contoh-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster.
a.       Iklan merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.
b.      Slogan merupakan teks persuatif yang mengutamakan unsur kata-kata.
c.       Poster merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Pada intinya, perbedaan iklan, slogan dan poster tampak dari ciri-ciri utama dan pengertian awal. Slogan lebih mengandalkan bentuk kata atraktif, singkat dan jelas dalam penyampaian informasi yang tidak disertai gambar ataupun desain. Poster mengandalkan gambar atau desain yang dibumbui warna dan kalimat berupa slogan. Tak heran bila poster dianggap lebih efektif dalam penyampaian pesan. Sedangkan Iklan adalah pemberitahuan kepada masyarakat tentang barang atau jasa yang dijual.
DAFTAR PUSTAKA

Apriadi. 2009. “Pengertian, Jenis dan Fungsi Iklan” (Online). http://triantoroblogs.blogspot.com/2009/10/pengertian-fungsi-iklan.html (Diunduh pada tanggal 7 Oktober 2012).
Edward. 2011. “Definisi Periklanan Menurut Beberapa Ahli ” (Online). http://oaththinking.blogspot.com/2011/04.html. (Diunduh pada tanggal 7 Oktober 2012).
Kumpulanistilahcom. 2010. “Syarat – Syarat Iklan” (Online). http://id.shvoong.com. (Diunduh pada tanggal 7 Oktober 2012).
Melati, Dwinda Aulia. 2010. “Teori Iklan” (Online). http://www.blogtopsites.com.html(Diunduh pada tanggal 7 Oktober 2012).




No comments:

Post a Comment