Search This Blog

Sunday 5 November 2017

PENGANGGURAN




Kata Pengantar

             Alhamdulillah segala puju bagi allah yang telah memberikan nikmat dan karuniannya serta memberikan manusia akal dan pikiran yang berbeda dari makhluk yang lainnya. Tak lupa shalawat dan salam kita ucapkan kepada nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, sahabat-sahabatnya dan para pengikutnya. Semoga kita mendapat safa’atnya kelak.
            Alhamdulillah penulis sangat bersyukur akhirnya dapat menyelesaikan makalah ini dengan lancar dan jarang menemui hambatan. Selama penyusunan makalah penulis menyampaikan ribuan terima kasih kepada berbagai pihak, karena selama menyusun makalah ini telah banyak mendapatkan bantuan , motivasi, serta bimbingan.
            Dalam penyusunan makalah ini penulis menyadari sepenuhnya ada banyak kekurangan  dan kesalahan, oleh karena itu kritik dan saran membangun penulis harapkan dari para pembaca dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan demi kesempurnaan makalah ini.



                                                                                                 Pasir Pengaraian, 26 Oktober 2017
                                                                                            

                                                                                                       





DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
    1.1 Latar belakang
    1.2 Rumusan masalah
    1.3 Tujuan penelitian
    1.4 Manfaat penelitian
Bab 2 Pembahasan.
    2.1 Pengangguran Friksional
    2.2 Pengangguran Struktural.
    2.3 Pengangguran Musiman
    2.4 Pengangguran terbuka
    2.5 Pengangguran Setengah pengangguran
Bab 3 Penutup
    3.1 Kesimpulan
    3.2 Saran
Daftar Pustaka


BAB I
Pendahuluan

1.1           Latar Belakang
          Telah kita ketahui  banyak pengangguran yang ada  diindonesia, tingkat pengangguran dapat di hitung dengan cara membandingan kan jumlah pengangguran dengan jumlah angkatan kerja yang di nyatakan dengan persen. Adapun tingkat pengangguran setiap tahunnya telah bertambah hingga mencapai 80 persen pertahun. Sejak 1997 sampai 2003, angka pengangguran terbuka di Indonesia terus menaik,dari 4,8 juta menjadi 11,35 juta, terutama oleh penganggur usia muda. Tidak hanya penganggur usia muda, pengangguran juga banyak mencakup berpendidikan rendah dan tinggal di daerah perkotaan. Pengangguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, atau sedang mempersiapkan suatu usaha baru. Pengangguran umumnya disebabkan karna jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada.
Disekitar lingkungan dimana kita berada banyak contoh perempuan maupun laki-laki yang mampu untuk bekerja akan tetapi tidak memiliki pekerjaan, ia berdiam diri dirumah saja tanpa menghasilkan apa-apa. Dan sudah banyak kita dengar dikota besar orang yang pengangguran akan melakukan tindakan kriminal seperti pencurian, pembunuhan, bahkan mengemis di perempatan jalan.
Alasan saya memilih judul ini karna begitu banyak masalah yang saya lihat disekitar lingkungan saya. Oleh sebab itu saya tertarik meneliti judul ini seperti masalah yang ada. Dengan fenomena yang terjadi saat ini merupakan jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah orang yang mau bekerja. Berdasarkan peristiwa tersebut  dapat disimpulkan bahwa pengangguran diindonesia sangatlah banyak dan akibat dari pengangguran timbul dampak negatif untuk masyarakat lainnya.

1.2   Rumusan Masalah
1.Apa saja jenis-jenis pengangguran?
2.Sebutkan fakta penyebab pengangguran?
3.Bagaimana cara mengatasi pengangguran?                                                                             
                                                                  


 1.3  Tujuan Penelitian
             Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis jenis pengangguran yang ada disekitar kita. Untuk  mengetahui fakta penyebab pengangguran. Serta untuk mengetahui cara mengatasi pengangguran tersebut.

1.4   Manfaat Penelitian
           1.Untuk pemerintah
            Diharapkan pemerintah agar dapat memperhatikan pengangguran yang semakin banyak, diharapkan agar menyediakan lapangan pekerjaan yang layak bagi seseorang yang masih menganggur, diharapkan terjalinnya kerja sama yang baik antara perusahaan asing maupun perusahaan dalam negeri.
            2. Bagi penulis
               Diharapkan mampu meningkatkan kemampuan menulis serta bisa ikut campur terhadap pemecahan masalah pengangguran yang ada disekitar kita.
            3. Untuk masyarakat
               Mendapat pemahaman tentang pengangguran serta cara mengatasinya, sehingga jumlah pengangguran dapat berkurang.









Bab II
Pembahasan
               Pengamatan ini dilakukan di Kampung Padang  Desa Rambah Tengah Utara Kecamatan Rambah. Pengamatan ini dilakukan selama 3 hari,  mulai tanggal 21 sampai 24 oktober 2017.
2.1 Pengangguran Friksional
      Andi seorang pengangguran yang berusia 20 tahun. Andi  tinggal di kampung padang. Andi  belum menikah. Andi pengangguran disebabkan oleh sulitnya mencari seseorang yang menerima pekerjaan, Orang yang membuka lapangan pekerjaan tersebut sangat sulit dijumpai oleh andi, maka Andi pengangguran disebabkan oleh sulitnya mencari orang yang membuka lapangan pekerjaan.
Cara mengatasinya:
 Dengan cara bertanya-tanya tentang tempat tinggal bapak/ibu tersebut dari rekan kerja yang bekerja di salah satu instansi tersebut.
2.2 Pengangguran Struktural
      Risky seorang pengangguran yang berusia 19 tahun. Risky  tinggal dikampung padang. Risky  menganggur disebabkan oleh belum menyelesaikan pendidikan SMA. Oleh sebab itu  ia tidak mendapatkan ijazah SMA. Ketika ia mendapatkan informasi lowongan kerja yang memiliki syarat  minimal memiliki ijazah SMA, risky belum memperoleh ijazah SMA maka tidak bisa memasukkan lamaran kerja yang disebabkan oleh kurangnya persyaratan yang ditentukan oleh pembuka lapangan pekerjaan belum dapat ia penuhi. Maka Risky menjadi pengangguran.
Cara mengatasinya:
 Risky mencari pekerjaan lain tanpa memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh instansi tersebut contohnya seperti ijazah dan lain-lain.
2.3 Pengangguran Musiman
      Amran seorang petani duku yang berusia 33 tahun. Amran tinggal dikampung padang. Ketika musim duku tiba ia mempunyai penghasilan yang sangat bagus. Akan tetapi amran tidak mencoba mencari pekerjaan lain atau membuka usaha selain menjadi petani duku. Oleh sebab itu untuk menunggu musim duku kembali tiba amran menjadi pengangguran.
Cara mengatasinya:
 Adalah dengan cara membuka usaha sampingan seperti berdagang sembako atau yang lainnya ditambah lagi dengan mencari kerja selain menjadi petani duku agar ia tidak bergantung pada musim duku saja.
2.4 Pengangguran Terbuka
      Fitri adalah seorang mahasiswa yang baru menyelesaikan pendidikan s1 pada jurusan manajemen ekonomi. Fitri berusia 22 tahun dan ia bertempat tinggal dikampung padang. Karena sudah banyaknya tenaga kerja yang memiliki keahlian sama seperti fitri.kemudian ia belum mencoba usaha apapun agar ia bisa bekerja sesuai dengan keterampilan dan keahlian yang ia miliki maka ia menjadi pengangguran terbuka.
Cara mengatasinya:
 Pengertian dari manajemen yang sesuai dengan jurusan yang dimiliki fitri merupakan berhubungan dengan keuangan. Adapun cara fitri agar tidak menganggur yaitu fitri harus berwirausaha, apabila belum bisa membuka usaha yang besar contohnya seperti toko emas iacukup membuka usaha kecil-kecilan contohnya seperti berjualan somay.
2.5 Pengangguran Setengah pengangguran
       Joko adalah seorang kuli bangunan yang berusia 30 tahun,dan bertempat tinggal dikampung padang. Sehari harinya ia kadang-kadang bekerja dan terkadang tidak bekerja, dan apabila ia bekerja joko menjadi seorang kuli bangunan, upah yang diterimanya pun tidak cukup juga untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya. Penyebab ia pengangguran ialah karena joko tidak mau mencari pekerjaan lain dan ia hanya bergantung kepada orang yang memintanya bekerja.
Cara mengatasinya:
 Joko mencari pekerjaan tambahan selain menjadi kuli bangunan.



















                                          
Bab III
Penutup

3.1 Kesimpulan
         Pengangguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, Sedang mencari pekerjaan, atau sedang mempersiapkan suatu usaha baru. Pengangguran umumnya disebabkan karna jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada, juga kompetensi pencari kerja tidak sesuai dengan keterampilan. Selain itu juga kurang efektifnya keterampilan kerja bagi para pencari kerja. Dapat dipastikan bahwa pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran.
Produktifitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya. Ketiadaan pendapatan menyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya yang menyebabkan menurunnya tingat kemakmuran dan kesejahteraan. Pengangguran juga dapat menimbulkan dampak negatif langsung bagi perekonomian dan lingkungan sekitar, sehingga menyebabkan terhambatnya pertumbuhan nasional.
 3.2 Saran
          Untuk mengurangi tingkat pengangguran sebaiknya harus ada peran pemerintah, dan masyarakat.  Pemerintah harus bisa membuka lapangan pekerjaan serta menjalankan kebijakan dengan sungguh-sungguh agar hasil terlihat lebih maksimal. Dengan cara lain dengan menetapkan kebijakan baru yang mempersempit kesempatan para pemilik perusahaan untuk mem-PHK karyawannya.
Pemerintah dapat memberikan sosialisasi, pembinaan dan pelatihan kerja kepada masyarakat untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sesuai dengan keterampilan masing-masing untuk mengembangkan kemampuan produktifitas kesejahteraan. Semoga dengan dibuatnya makalah ini kita bisa menambah wawasan pengetahuan kita, kita dapat tau penyebab pengangguran, kita juga tau bagaimana cara mengatasi pengangguran
Daftar pustaka

1 comment:

  1. S1288poker Agen Poker Terpercaya No 1 di Indonesia.
    Ayo rasakan bermain Poker Online Uang Asli, dengan kualitas server terbaik di Indonesia, serta tampilan terbaru.
    S1288poker, Agen Poker yang akan memberikan jaminan keamanan dalam bermain Poker Online tanpa robot.
    Kami akan dengan senantiasa selalu memberikan pelayanan terbaik selama 24 jam setiap harinya. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    ReplyDelete